Home Trading Cara Membeli Saham Luar Negeri

Cara Membeli Saham Luar Negeri

0
cara membeli saham luar negeri

Membeli saham di luar negeri memberikan kesan yang sulit dan rumit, khususnya bagi para investor baru yang tertarik dan ingin melakukan pendalaman mengenai bursa saham luar negeri. Selain itu, hingga saat ini bursa saham di Indonesia belum mempunyai hubungan kerjasama dengan jaringan bursa saham di luar negeri, khususnya pada saham perusahaan-perusahaan besar seperti amazon, Microsoft, Apple, android, dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik untuk melirik saham luar dari negeri adalah karena proses perkembangannya yang sangat cepat, hal ini terlihat dari rekam jejak sejumlah saham perusahaan global, yang grafik perkembangannya terlihat sangat menjanjikan.

Meski demikian, tidak bisa pula dipungkiri bahwa pada dasarnya tidak jauh beda dengan saham dalam negeri, investasi dan jual beli sahamluar negeri memiliki tingkat risiko yang sangat tinggi pula, yang sebanding dengan tingkat keuntungannya yang juga sangat menggiurkan.

Akan tetapi, ini bukan berarti bahwa anda tidak boleh mencobanya, sebab tanpa percobaan langsung, tidak akan pernah ada yang namanya kemajuan dan perkembangan dalam sebuah bisnis. oleh karena itu, tidak ada masalahnya jika anda mencoba belajar investasi di luar negeri, dengan membeli dan memiliki saham dari perusahaan luar negeri.
 
Dengan perkembangan teknologi dan berbagai kemudahannya saat ini, keinginan anda untuk membeli saham dari luar negeri atau saham internasional bukan lagi sesuatu yang mustahil.

Namun, ada empat hal yang menjadi persyaratan utama sebelum anda membeli saham dari luar negeri, yaitu:

  1. Berusia lebih dari 17 tahun;
  2. Memiliki profesi atau pekerjaan yang tetap dengan gaji yang memadai;
  3. Mempunyai rekening atau akun bank pribadi;
  4. Memiliki pemahaman dasar yang kokoh tentang saham dan investasi;

Jika anda telah melengkapi keempat persyaratan yang disebutkan di atas, maka tugas anda selanjutnya adalah memilih berbagai platform penyedia saham luar negeri yang direkomendasikan oleh website-website yang terpercaya.

Selain pemilihan platform untuk investasi saham –misalnya forex, binary, dll-, untuk pembelian saham di luar negeri anda membutuhkan broker terpercaya, yang telah terbukti berpengalaman, dibawah naungan perusahaan broker terpercaya pula. Hal ini agar investasi saham yang anda tanamkan mampu memberikan hasil dan keuntungan yang optimal.

Ada beberapa keuntungan yang anda peroleh jika anda melakukan pembelian saham luar negeri, yaitu:

  1. Mendapatkan pengetahuan mengenai kondisi dan keadaan ekonomi dunia,
  2. Hasil dan keuntungan investasi yang dapat ditabung,
  3. Tingginya nilai Dolar jika dibandingkan dengan mata uang Indonesia,
  4. Anda bisa menjadi pemilik investasi dan saham anda sepenuhnya,
  5. Sebagai investor, anda dapat melakukan pembelian fractional share,
  6. Memiliki potensi keuntungan saham yang sangat besar dan fantastis,
  7. Meluaskan jaringan usaha dan memperkaya pengalaman dan portofolio bisnis anda sebagai pengusaha.

Meski demikian, di balik keuntungannya yang sangat besar dan banyak, Transaksi dan pembelian saham luar negeri atau saham asing tergolong sangat sulit dan kompleks dengan tingkat resiko kerugian yang sangat besar pula.

Salah satu kesulitannya adalah karena BEI sebagai coordinator pasar saham Indonesia, tidak menyediakan akomodasi dan fasilitas transaksi jual beli saham dengan perusahaan-perusahaan global raksasa dari asing.

Akibatnya, jika anda ingin memiliki saham luar negeri, Maka sebagai seorang investor anda harus mencari dan membelinya secara mandiri. Selain itu, dukungan perkembangan teknologi dan alat komunikasi digital saat ini memberi kemudahan tersendiri bagi para investor baru yang ingin mencoba belajar investasi di bursa saham luar negeri atau internasional.

Perlu pula anda ketahui bahwa terdapat empat broker saham luar negeri internasional yang banya digunakan oleh para investor international dan juga tanah air, yaitu:

  1. Etoro,
  2. Interactive Broker,
  3. Saxo Bank,
  4. Tradestation.

Dalam hal broker, salah satu kesulitan investasi saham luar negeri adalah karena hampir sebagian besar dari broker saham terpercaya internasional telah dicekal website mereka dan kemudian diblokir oleh pihak Kominfo RI, hal itu dilakukan sebagai bentuk pengawasan dan pembatasan terhadap akses untuk investasi saham luar negeri, yang mereka anggap sebagai investasi dengan potensi penipuan yang sangat besar.

Jika dilihat dari segi hukum investasi di Indonesia, pembelian saham luar negeri melalui perusahaan broker terpercaya sebenarnya bukanlah sebuah aktivitas yang melanggar hukum. Hal itu karena transaksi jual beli saham tersebut dilakukan di wilayah luar negeri, dan  bukan di badan bursa Indonesia.

Untuk melakukannya, sebagai investor anda hanya perlu melakukan akses ke situs-situs broker internasional tersebut dengan VPN (virtual private network) atau dapat pula dengan mengunduh aplikasi yang mereka miliki ke smartphone anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah penting  yang perlu anda lakukan saat akan melakukan pembelian saham luar negeri, yaitu:

1. Melakukan Pembukaan Rekening Investasi

Hal ini Sama prosesnya dengan transaksi jual beli saham nasional, namun dalam hal pembelian saham luar negeri, anda perlu membuka rekening anda di situs dan akun broker internasional terpercaya. Andah wajib memenuhi kelengkapan data diri anda yang mereka minta, dan selanjutnya anda juga perlu menunggu hingga proses verifikasi akun selesai.

2. Penyetoran Dana Investasi

Jika akun broker internasional anda sudah terverifikasi serta siap digunakan, selanjutnya anda hanya perlu melakukan deposit sejumlah dana awal investasi anda ke akun tersebut, sebagai modal awal anda untuk melakukan transaksi jual beli saham internasional.

Dalam hal ini, setiap broker mempunyai kebijakan batas minimum dana awal yang mesti anda bayarkan. Misalnya, Anda akan menemukan broker yang mensyaratkan batas minimal modal awal US$ 200, yang dengannya anda sudah dapat melakukan pembelian saham berbentuk fraksi.


JIka anda adalah seorang investor pemula, terdapat beberapa hal penting yang perlu anda  perhatikan, sebelum anda memutuskan akan membeli saham luar negeri dari suatu perusahaan, yaitu:

  1. Mulailah berinvetasi dengan modal yang kecil dan terjangkau terlebih dahulu;
  2. Terus belajar dan menambah ilmu dan wawasan dasar berkaitan dengan dunia pasar modal saham.
  3. Hitunglah dengan detail setiap keuntungan dan kerugian transaksi saham yang anda alami;
  4. Carilah dan Pilih broker perusahaan saham internasional yang terpercaya dan kredibel;
  5. Perhatikan fluktuasi saham;
  6. Carilah jasa dalam negeri yang terpercaya sebagai mentor yang akan memandu anda;
  7. Hindari terburu-buru melakukan investasi dalam jumlah besar, tanpa adanya seorang yang berpengalaman sebagai mentor bisnis anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version