Home Bisnis 6 Cara Menjual Barang Online

6 Cara Menjual Barang Online

0
toko online

Menjual barang online merupakan salah satu trend wirausaha modern yang muncul seiring dengan kemajuan teknologi pada bidang komunikasi. Saat ini, hampir seluruh pengusaha di berbagai bidang, baik skala kecil, menengah, bahkan perusahaan besar, menjadikan medial online sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan barang kepada konsumen.

Namun demikian, ada beberapa cara yang perlu kamu ketahui, agar berbagai barang atau pun jasa yang dijual secara online, menghasilkan peningkatan income berlipat seperti harapan. Nah, berikut Mbah kasih tipsnya:

1. Jelaskan Dengan Baik Manfaat dan Kegunaan Produk Anda Bagi Pelanggan

Produk yang Anda miliki pastilah mempunyai sisi keunggulan yang menjadi ciri khasnya, serta tidak dimiliki oleh produk lain sejenis. Anda perlu menceritakan poin  ini pada penjelasan tentang deskripsi produk anda. Namun,anda harus  ingat bahwa fokus berlebihan pada kehebatan produk anda, bisa membuat Anda tidak akan dapat menyentuh bagian sisi penting emosional calon pelanggan anda.

Sebagai solusinya, berfokuslah pada bagaimana agar target konsumen anda mengenal manfaat produk anda dengan sangat baik. Jelaskan sebaik mungkin bagaimana cara produk Anda menyajikan solusi pada masalah mereka dengan cara terbaik..

2. Pakailah Bahasa Sehari-hari Saat Promosi

Saat memberikan penjelasan yang baik, anda tidak harus menggunakan bahasa baku atau formal. Namun gunakanlah bahasa seharii-hari seperti biasa, sebaba Semakin natural bahasa yang anda gunakan, maka akan semakin bisa menyentuh pada emosi pembaca, yang merupakan calon pembeli anda.

3. Pahami Produk Anda dan Target Konsumennya

Salah satu Kunci kesuksesan dalam bisnis adalah dengan mengetahui apa produk Anda dan siapa target konsumen produk Anda. Hal ini Karena dua-duanya tidak dapat dipisahkan. Gambaran yang jelas tentang produk anda dan siapa konsumen Anda merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis anda.

Contohnya, jika anda menulis iklan untuk anak muda, maka Anda gunakan bahasa yang santai dan tidak baku. Beda halnya, jika segmen iklan anda adalah orang tua, bahasa iklannya lebih baik bahasa baku, sopan, dan umum.

Demikian pula karakter iklan setiap produk, antara produk yang satu dengan produk yang lainnya tidaklah sama. Bisa jadi sebuah produk sangat cocok menggunakan bahasa dan materi iklan yang mengandung musik, humor, dan lain-lain, namun tidak cocok dengan produk lainnya.

4. Buatlah Gambaran Produk dengan Menarik dan Unik

Teknologi bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan penjualan online. Banyak Hal yang sepintas sepele dan remeh –misalnya gambaran produk, dan gaya bahasa iklan- ternyata sangat berpengaruh pada laris atau tidaknya barang dan jasa pada penjualan online Anda.

Pembahasan tentang hal ini dikenal dengan istilah Copywriting, copywriting akan menjadi faktor pelengkap penting pada semua bentuk usaha promosi jualan yang Anda lakukan pada produk anda. Dengan penggunaan kalimat dan bentuk iklan yang menarik dan persuasive saat promosi, Anda dipastikan akan mudah menarik pelanggan melakukan pembelian.

5. Promosi Berkesinambungan

Untuk menarik calon pembeli, khususnya pada produk baru, Anda perlu membuat promosi secara berkesinambungan, dan bila perlu adakan diskon pada harga jual produk anda, hal ini merupakan salah satu strategi efektif dalam dunia marketing.

Terlebih jika usia usaha atau produk Anda masih belum lama, anda perlu mencuri perhatian calon pembeli dengan berbagai strategi, serta berusaha lebih unggul dari kompetitor lama pada produk dan usaha lain yang sejenis dengan produk dan usaha anda.  Namun, Anda pun perlu berhati-hati saat membuat promosi, karena Jangan sampai para pembeli dan pelanggan produk anda, hanya melakukan pembelian saat anda membuat promo saja.

Jika hal ini terjadi, anda bukannya akan mendapat keuntungan, namun sebaliknya Anda mendapatkan masalah dengan Biaya promo, bahkan akan terancam mengalami kerugian besar jika berlangsung lama.

6. Gunakan Media Sosial (Instagram dan Facebook)

Tips meningkatkan penjualan online selanjutnya adalah dengan memaksimalkan penggunaan sosial media. Facebook dan Instagram salah banyak contohnya. Hal ini Karena sosial media saat ini sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam pemasaran sebuah produk usaha bisnis.

Secara khusus untuk saat ini, penggunaan iklan di berbagai medsos dalam menjual sebuah produk maupun jasa, sudah menjadi salah satu langkah strategis marketing yang terbukti sangat efektif untuk berbagai bentuk produk maupun jasa, serta untuk semua skala usaha, kecil, menengah, maupun besar.

Salah satu keunggulan beriklan di media social adalah karena Sosial media menargetkan para penggunanya yang luas, meski para pelanggan tersebut bahkan belum tahu apa yang anda tawarkan kepada mereka. Hal ini sangat membantu bagi para pengusaha baru, untuk mengenalkan sekaligus menjual produk baru yang mereka miliki. Keunggulan sosial modia berikutnya adalah Anda tidak perlu mencari dan mendatangi calon pelanggan anda di tempat tertentu, misalnya pasar atau pun ke rumah-rumah.

Dengan beriklan di Sosial media, Anda hanya duduk santai sambil memantau tayangan produk anda ke orang-orang yang terhubung dengan anda, sambil dapat menikmati kebersamaan dengan keluarga, namun dengan potensi angka penjualan produk Anda yang meningkat drastis.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version